Sejarah

Organisasi Masjid Ulul Albaab (MUA) diresmikan di Jakarta pada hari Jum’at, 4 September 1992. MUA telah berfungsi sebagai pusat kegiatan keagamaan (syi’ar) dan peribadatan di Kampus Universitas Negeri Jakarta khususnya kampus B yang terdiri dari Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam dan Fakultas Ilmu Keolahragaan. Keberadaan Masjid ini telah memberikan dan menciptakan nuansa serta suasana yang Islami dalam kehidupan kampus khususnya pada kedua fakultas ini.

MUA berdiri di atas tanah seluas kurang lebih 200 m^2 (dua ratus meter persegi). MUA memiliki beberapa kegiatan-kegiatan rutin diantaranya Studi Islam Komprehensif, Mentoring Keislaman, Peringatan Hari-hari Besar Islam, Kajian Rutin, Aksi Sosial, Program Tahsin, serta Pembinaan Ruhiyah melalui acara Malam Bina Iman dan Taqwa.

Seiring dengan perkembangan, status IKIP Jakarta berubah menjadi Universitas Negeri Jakarta yang diikuti oleh penambahan jumlah program studi menyebabkan jumlah mahasiswa dan dosen pun bertambah pula. Dengan demikian MUA harus lebih memerankan fungsi Masjid sebagai bentuk pelayanan terhadap ummat, artinya kapasitas MUA harus ditambah pula.

Setelah diputuskannya FMIPA pindah ke Kampus A UNJ, maka MUA terbagi menjadi dua, yakni MUA sebagai Lembaga Dakwah Fakultas, dan MUA sebagai masjid itu sendiri. Nama Masjid Ulul Albaab hingga kini masih digunakan untuk Lembaga Dakwah FMIPA UNJ. Sedangkan MUA sebagai masjid masih berlokasi di Kampus B UNJ dan kini diurus oleh Lembaga Dakwah Fakultas Ilmu Olahraga UNJ.

www.000webhost.com