[MUTIA] Kajian Kemuslimahan FMIPA: Wanita Terbaik Penghuni Surga

MUTIA yang dilaksanakan pada Jum’at, 4 Mei 2018 ini bertema Shirah dengan judul “Wanita Terbaik Penghuni Surga” dihadiri oleh 41 peserta, yang dibuka oleh Anis Syabani dan Fitria Eka selaku MC. Selanjutnya dilakukan pembacaan kitab suci oleh Adila untuk menambah keberkahan dari kegiatan yang Insyaa Allah dipenuhi berkah ini. Kemudian acara diserahkan kepada kak Ummu Kultsum selaku pembicara untuk menyampaikan materi mengenai Wanita Terbaik Penghuni Surga.

• Al Baqarah ayat 25
Kita sebagai manusia yang penuh dosa tetapi ingin masuk surga, diibaratkan seperti orang yang ingin memiliki rumah tetapi tidak punya apa-apa. Maka kita harus mengusahakannya
• “Sebaik-baik wanita penghuni surga adalah Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, Asiyah binti Muzahim istri Fir’aun dan Maryam binti Imran” (H.R Ahmad no.2668)
•Yang ada di surga:
1. Bidadari surga
Ar Rahman ayat 56 dan Al Waqiah ayat 55-56
2. Wanita Mukmin
Yang akan mendampingi suaminya. Bidadari ini lebih baik daripada bidadari asli surga disebabkan oleh hiasan di wajahnya dari shalat, wudhu, puasa.

• Wanita-wanita yang dijamin masuk surga:
1. Khadijah binti Khuwailid
“…. Ia beriman padaku ketika semua manusia ingkar. Ia membenarkan ku ketika seluruh manusia mendustakan. Ia membantuku dengan harta nya ketika semua manusia menahan hartanya…” (H.R. Ahmad)
“Ya Rasulullah, Khadijah sebentar lagi akan datang membawa bejana berisi lauk atau makanan atau minuman. Kalau ia sudah datang, sampaikan salam dari Allah dan dariku. Dan berikan kabar gembira dengan rumah di surga” (H.R. Bukhari dan Muslim)

2. Fatimah binti Muhammad (Patuh dan hormat)
“Tidaklah engkau ridha akan menjadi penghulu pada wanita surga atau (penghulu) para wanita mukminin (orang – orang yang beriman)” (H.R Al-Bukhari)
“Sesungguhnya dia (Fatimah) adalah bagian dari diriku, aku merasa senang dengan apa saja yang menyenangkannya dan aku merasa tersakiti atas semua yang menyakitinya” (H.R. Al Bukhari)

3. Asiyah binti Muzahim (Iman yang kuat)
“Dan Allah membuat istri Fir’aun sebagai perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika istri Fir’aun berkata ‘wahai Rabbku bangunkanlah untukku disisi-Mu sebuah rumah dalam surga. Dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zholim’ (perumpamaan yang lain bagi orang orang beriman adalah) Maryam putri Imran yang memelihara kehormatannya maka kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh (ciptaan) kami, dan dia membenarkan kalimat Rabbnya dan kitab-kitab-Nya, dan dia adalah termasuk orang-orang yang taat.” (Q.S At Tahrim ayat 11-12)

4. Maryam binti Imran (Sabar dan suci)
Diabadikan dalam Qur’an surat Maryam
– Sangat menjaga kesuciannya dari lahir
– Maryam sejak lahir tidak diganggu oleh syaitan
– pernah diuji oleh Allah dengan didatangkan pria tampan, tetapi Maryam tidak bisa diganggu dan justru menjauh. Ternyata itu adalah malaikat Jibril yang kemudian menitipkan anak pada Maryam. Setelah itu, Maryam menjadi pergunjingan karena memiliki anak yang tidak ada ayahnya. Namun itulah ujian dari Allah untuk Maryam.

• Amalan Wanita Penghuni Surga
“Jika seorang wanita selalu menjaga shalat 5 waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita tersebut ‘masuklah ke surga melalui pintu manapun yang engkau suka'” (H.R Ahmad;shahih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

www.000webhost.com