[KISS] Kajian Islam kamiS Sore: Peran Pemuda Muslim di Era Millenial

Kajian Islam kamiS Sore Perdana pada hari Kamis, 15 Maret 2018 dimulai sekitar pukul 16.00 WIB. Tema yang diangkat pada KISS kali ini,yaitu mengenai Peran Pemuda Muslim di Era Milenial dibawakan oleh Ust. Ahmad Hidayat, S.Pd. Kajian ini dihadiri oleh 136 Peserta dan dibuka oleh MC dan pembacaan tilawah oleh Deni Amirullah.

Kajian diawali oleh Ust. Ahmad dengan menceritakan salah seorang sahabat Rasul yang bernama Abu Ayyub Al Anshari. Salah satu sahabat yang istimewa karena bahkan ketika umurnya sudah mencapai 100 tahun beliau masih semangat untuk berjihad di jalan Allah.

Selanjutnya, Ust. Ahmad menjelaskan bahwasanya terdapat 2 pertarungan yang dilalui oleh pemuda, yaitu pertarungan melawan yang Haq dan yang Bathil.

Sejatinya segala hal yang dilalui pemuda masa kini sama saja dengan pemuda masa lalu. Karena masalah-masalah yang terjadi saat ini, sudah pernah terjadi juga dimasa lalu. Contohnya: di masa lalu juga sudah ada yang mengaku sebagai Nabi, sudah ada liberalisme dan sekulerisme, sudah ada orang-orang munafik walaupun baru segelintir, dan lainnya. Yang membedakan adalah, pemuda masa kini mendapatkan akumulasi dari masa lalu, sehingga masalah yang ada semakin bertumpuk.

Ust. Ahmad pun menjelaskan sebuah hadist tentang prediksi Rasulullah bahwa terdapat 5 fase umat muslim di akhir zaman

Fase Kenabian

Merupakan zaman terbaik ketika umat muslim masih dipimpin oleh Rasulullah SAW.
Fase Kekhalifahan Khulafaur Rasyidin
Para ulama dan ahli sejarah sepakat bahwa periode ini adalah pada masa khulafaur rasyidin: Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali. Ada yang berpendapat sampai ke kurun khalifah kelima, Umar bin Abdul Aziz.

Fase Raja yang Menggigit

Disebut “raja yang menggigit” karena masih menggigit Kitabullah dan Sunnah Rasul, tetapi hampir-hampir lepas. Pada zaman ini juga mulai terjadi banyak kezhaliman. Kepemimpinan dipimpin oleh satu orang dan berlanjut ke keturunannya diwariskan dengan turun temurun. Berakhir pada saat 1924 ketika runtuhnya kerajaan Turki.

Fase Raja yang Zhalim (dimana kita berada saat ini)

Masa keempat perjalanan sejarah ummat Islam ini mengalami krisis kepemimpinan.

Fase Khilafah Datang Kembali

Pada zaman ini umat Islam akan bersatu dan kembali jaya seperti masa dahulu.
Yang disayangkan, pemuda muslim zaman sekarang mudah terkena perang pemikiran. Salah satunya adalah mudah sekali berkata kasar, itu merupakan salah satu perang pemikiran zaman sekarang. Selain itu, Islam mulai terasa asing saat ini, sebab syiar Islam tertutupi oleh syiar-syiar kebathilan.

Terdapat Lima tahapan pergerakan pemuda:
1. Follower
2. Whistle Blower
3. Ideas Maker
4. Problem Solver
5. People’s Leader

Terdapat empat karakteristik pemuda semestinya menurut  Imam Asy Syahid Hasan Al Banna, yaitu:

  • Beriman (Al-Iman)
  • Memiliki keimanan kepada Allah SWT
  • Memiliki keikhlasan (Al-Ikhlas)
  • Mempunyai semangat

Bersedia mengorbankan waktu dan tenaga, jangan sampai kalah dengan sahabat Rasul, Abu Ayyub Al Anshari yang walaupun sudah tua renta namun masih semangat untuk berjihad di jalan Allah.
Beramal (Al-‘Amal)
Ust. Ahmad juga memberikan tips dari Rasulullah yaitu semestinya seorang pemuda bisa menjaga dirinya, menghindarkan diri dari tempat-tempat yang mendekatkan dengan kemaksiatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

www.000webhost.com