[KISS] Kajian Islam KamiS Sore: Bintang di Langit Manusia Di Bumi

NOTULENSI KISS
27 SEPTEMBER 2018

BINTANG DI LANGIT, MANUSIA BIASA DI BUMI

Uwais bertekad untuk mewujudkan keinginan ibundanya, ia bingung. Uwais meminjam hewan ternak (anak sapi) ke tetangganya untuk latihan (menggendong anak sapi) untuk bisa mengangkat ibunya berhaji dari Yaman ke Mekkah. Lalu, ia mengantarkan bundanya haji. Di Hajar Aswad, Uwais berdoa untuk Ibunya agar semua amalan Ibundanya diterima Allah. Uwais mengantarkan ibunya pulang ke Yaman.

Uwais meminta izin bertemu Rasul lagi. Ibundanya mengizinkan. Uwais berangkat dengan keledainya dan keledainya mati di tengah jalan. Kemudian Uwais pingsan karena kelelahan. Setelah sadar, Uwais menuju masjid Nabawi untuk bernemu Nabi dan sholat. Namun saat itu, Nabi sedang berperang. Kemudian Uwais pulang. Saat Uwais sampai di Yaman, Rasul sampai di Madinah. Kemudian malaikat Jibril menyampaikan bahwa Uwais ke masjid Nabawi dan menyampaikan bahwa Uwais adalah orang yang terkenal di langit dan tertolak di bumi.

Uwais bukanlah seorang ulama (tidak ada di shirah manapun). Kemudian Rasul menceritakan kepada sahabat-sahabatnya. Di tahun 23 H ada jamaah haji yang mengatakan bahwa Uwais bersamanya. Kemudian Uwais mengatakan bahwa namanya Abdullah. Kemudian Uwais mengaku dan mendoakan Umar bin Khattab. Saking senangnya, Umar mengabarkan kepada Ali bin Abi Thalib. Kemudian Ali pun meminta doa kepada Uwais. Kemudian Umar mengabarkan kepada seluruh penduduk Mekah. Namun Uwais sudah meninggalkan Mekah. Ada yang mengatakan bahwa Uwais telah pulang ke Yaman dan ada yang mengatakan bahwa Uwais mengasingkan diri ke Irak. Uwais menghabiskan sisa hidupnya dan meninggal disana. Namun tidak banyak yang mengurus Jenazahnya karena tidak banyak yang mengenal Uwais.
Ketika kita belajar sejarah, harus muncul Hamasah. Hamasah untuk berbakti kepada orang tua dan mencintai Rasulullah. Karena kita tidak akan sanggup membalas kebaikan orang tua kita. Jangan lupa untuk menyembah Allah dan berbakti kepada orang tua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

www.000webhost.com