[KISS] Kajian Islam KamiS Sore: 83 Tahun dalam 10 Jam

NOTULENSI KISS
31 Mei 2018

83 TAHUN DALAM 10 JAM
Ust. Dr. Sukro Muhab, M.Si.

Kemuliaan yang tidak ada dibulan lain, yang hanya ada dibulan ramadhan saja adalah Lailatul Qadar. Al-Quran diturunkan pada malam Lailatul Qadar. Kebaikan yang dilakukan pada malam Lailatul Qadar setara dengan kebaikan selama 1000 bulan atau sekitar 83 tahun. Lailatul Qadar hanya terjadi 1 malam saja dibulan Ramadhan. 10 jam saja kita melakukan ibadah di masjid kita mendapatkan kebaikan 1000 bulan.

Kesempurnaan ibadah kita di bulan Ramadhan ada 3 tahapan:
– barang siapa yang berpuasa mengharapkan ridho Allah berdasarkan iman maka akan dihapuskan dosanya.
– Barang siapa menegakan shalat malam di bulan Ramadhan maka akan dihapuskan dosanya
– barang siapa melaksanakan ibadah di malam Lailatul Qadar maka akan dihapuskan dosanya

Orang yang mendapatkan Lailatul Qadar dipilih Allah SWT. Mengenai waktu Lailatul Qadar ada beberapa hadist, ada yg mengatakan 10 malam terakhir bulan Ramadhan, ada yang mengatakan dimalam-malam ganjil 10 malam terakhir, ada juga yang mengatakan di bulan Ramadhan itu sendiri. Tetapi yang kuat itu dimalam-malam ganjil 10 malam terakhir.

Sambutlah Lailatul Qadar pada 10 malam terakhir Ramadhan atau jika tidak kuat i’tikaf di masjid selama 10 hari berturut-turut maka pilihlah malam ganjil untuk i’tikaf di masjid.

Orang yang mendapatkan Lailatul Qadar diberikan kebaikan dari Allah SWT berupa Rahmat bisa dalam bentuk hidayah. Ciri orang yang mendapatkan malam Lailatul Qadar adalah semangat ibadahnya meningkat, semangat melakukan kebaikan-kebaikan, hubungan dengan manusia baik, senang melakukan ibadah sunah walaupun bukan di bulan Ramadhan.

Ciri-ciri malam Lailatul Qadar itu terang benderang, cerah, angin bersahabat, sejuk

Malaikat Jibril pun turun karena Allah ingin menunjukkan kepada malaikat bahwa manusia layak menjadi Khalifah karena melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. Pergilah ke masjid dan niatkan i’tikaf untuk ibadah, jangan pergi ke masjid tetapi banyak tidur. Karena kebaikan yang dilaksanakan pada malam itu dikalikan 83 tahun kebaikan. Jangan sampai saat malaikat turun melihat kita dalam keadaan tidur. Maka pahala tiap orang berbeda tergantung banyaknya amalan yang dilakukan pada malam Lailatul Qadar.

Amalan-amalan yang dilakukan pada malam Lailatul Qadar:
– shalat wajib berjamaah
– tilawah
– shalat tahajud
– banyak berdoa meminta ampun kepada Allah

#Semogabermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

www.000webhost.com