Kajian Islam kamiS Sore : Kisah Sang Singa Padang Pasir, Umar Al-Faruqi

Jakarta (04/05/2017) Masjid Ulul Albaab mengadakan Kajian Islam kamiS Sore dengan judul: Kisah Sang Singa Padang Pasir, Umar Al-Faruqi.

Kajian Islam kamiS Sore dimulai pada pukul 16.00 WIB dan mengundang Ust. Andry Muhayat sebagai pembicara, bertempat di Masjid Nurul Irfan. Terhitung sebanyak 93 Peserta yang menghadiri kajian kamis sore itu. Kajian dibuka dengan tilawah bersama Q.S. Al-Baqarah ayat 44-57 yang dipimpin oleh Fauzi Ramadhan (Pendidikan Matematika 2016).

Selanjutnya ustadz Andry memulai materi dengan hikmah mempelajari siroh yang akan menambah keimanan. Kemudian dilanjutkan dengan membahas tentang Pribadi Umar Bin Khattab.

A. PRIBADI UMAR BIN KHATTAB

               Sebelum masuk Islam, Umar bin Khattab adalah seorang penggembala unta dan penyendiri. Umar lebih banyak mendapatkan ilmu saat menggembala karena Umar belajar dari sifat-sifat unta gembalaannya yang berbeda-beda dan mengerti bagaimana perlakuan yang seharusnya diberikan. Cikal bakal kepemimpinan Umar bin Khattab berasal dari sikap beliau terhadap unta-untanya. Umar bin Khattab menyukai syair dan suka bersyair. Umar bin Khattab mempunyai kekuatan dan lincah lalu disertai dengan kemampuan berpikir dengan otak.

“Aku bermimpi sedang mengulurkan timba ke dalam sebuah sumur yang ditarik dengan penggerek. Datanglah Abu Bakar mengambil air dari sumur tersebut satu atau dua timba dan dia terlihat begitu lemah menarik timba tersebut, semoga Allah Ta’ala mengampuninya. Setelah itu datanglah Umar bin al-Khattab mengambil air sebanyak-banyaknya. Aku tidak pernah melihat seorang pemimpin abqari (pemimpin yang begitu kuat) yang begitu gesit, sehingga setiap orang bisa minum sepuasnya dan juga memberikan minuman tersebut untuk onta-onta mereka.”

B. UMAR BIN KHATTAB MASUK ISLAM

“Ya Allah, muliakan Islam dengan salah satu dari dua orang yang engkau cintai yaitu Abu jahal bin Hisyam atau Umar bin Khattab. Maka yang lebih Allah cintai dari keduanya adalah Umar bin Khattab.” (Lihat Shahih Sunan Ibnu Hibban 12/305)

               Awalnya Umar bin Khattab berkeinginan untuk membunuh Rasulullah SAW karena kesalahannya dalam menyaring informasi sehingga Umar menganggap bahwa Rasulullah SAW telah merusak hubungan keluarga dan menciptakan berbagai masalah di Mekkah. Umar ingin menyelesaikan masalah tersebut agar Mekkah kembali damai. Umar masuk Islam setelah membaca surah Thaha karena mengerti bahwa surah itu datang dari suatu Dzat dan bukan dari Nabi Muhammad SAW. Umar mengumumkan keislamannya dengan mendatangi para pemimpin Mekkah.

C. BEBERAPA HAL SAAT UMAR BIN KHATTAB MASUK ISLAM DAN HIJRAH KE MADINAH

Seorang yang mendapatkan Ilham

               Umar bin Khattab disebut Al-Faruqi yang artinya pembeda yang benar dan yang salah. Rasulullah SAW pernah ditegur oleh Allah SWT karena perkataan Umar. Rasulullah SAW berkata Apabila ilmu (kecerdasan Umar bin Khattab) ditimbang dan dikumpulkan dengan ilmu seluruh umat manusia, maka akan lebih berat ilmu yang dimiliki Umar bin Khattab.

“Sesungguhnya orang-orang sebelum kalian dari Bani Israil ada yang diberikan ilham walaupun mereka bukan Nabi, jika salah seorang dari umatku mendapatkannya, maka Umar lah orangnya” (HR. Bukhari)

Umar bin Khattab ditakuti Syaiton dan manusia, karena sifatnya yang tidak mudah merubah prinsip

“Wahai Ibnul Khattab, demi dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah setan bertemu dengannmu di suatu jalan melainkan ia akan mengambil jalan yang lain dari jalanmu.” (HR. Bukhari, no.3480)

Umar bin Khattab sangat tegas dan mempunyai prinsip sehingga Abu Bakar pun selalu meminta didampingi Umar saat mengambil suatu keputusan.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Umatku yang paling penyayang adalah Abu Bakar dan yang paling tegas dalam menegakkan agama Allah adalah Umar.” (HR. Tirmidzi dalam al-Manaqib, hadits no. 3791)

Umar bin Khattab dijamin masuk syurga.

“Sewaktu tidur, aku bermimpi seolah-olah aku berada di Surga. Kemudian aku melihat seorang wanita berwudhu di samping sebuah istana, maka aku bertanya, “Milik siapa istana ini?” Mereka menjawab, “Milik umar”. Maka aku teringat akan kecemburuan Umar sehingga aku menjauhi istana itu”. Umar menangis dan berkata, “Demi Allah mana mungkin aku akan cemburu kepadamu wahai Rasulullah”. (HR. Bukhari).

Umar adalah seorang yang berani, hal ini tercermin pada kisah Hijrah ke Madinah.

D. UMAR BIN KHATTAB MENJADI KHALIFAH

  1.  Pidato Pertama Umar : 
    “Aku ini keras, banyak orang yang takut padaku. Kalau aku nanti salah, lalu siapa yang berani mengingatkan?”

    “Aku, akulah yang akan mengingatkanmu dengan pedang ini.”
  2. Berkeliling di malam hari.
    Terdapat di dalam dua kisah : Kisah Ibu memasak batu dan Kisah Gadis penjual susu
  3. Pemimpin yang sangat sederhana dan tidur di pelepah pohon kurma.
  4. Adil kepada Siapapun (terdapat di dalam kisah kakek yahudi)
  5. Memberhentikan Khalid bin Walid karena takut lama kelamaan prajuritnya akan syirik sebab terlalu mengagungkan Khalid.

E. UMAR BIN KHATTAB DAN KELUARGA

 Umar bin Khattab sangat menyayangi istrinya karena Umar memahami beban Istrinya dirumah. Contoh: Umar diam saja saat istrinya sedang marah. Hal itu disebabkan:

  1. Istrinya merupakan benteng penjaga api neraka bagi Umar.
  2. Istrinya telah menjaga hartanya dan menggunakannya untuk hal-hal baik.
  3. Penjaga penampilan.
  4. Istrinya yang mengasuh dan mendidik anak-anaknya.
  5. Menyediakan hidangan-hidangan

Menikahkan anak-anaknya.
Menikahkan Anaknya (Asim) dengan anak penjual susu yang jujur.

Keturunannya Umar bin Abdul Aziz dianggap sebagai salah satu khalifah yang membawa perubahan besar.

Setelah itu Ustadz Andry menutup kajian dengan beberapa pesan bahwa kita dapat meneladani Umar. Umar mengatakan bahwa iman adalah kehati-hatian. Orang yang punya iman maka harus berhati-hati. Pelajari kisah sahabat terdahulu agar kita dapat melakukan apa yang mereka lakukan karena sesuatu yg mereka lakukan berujung pahala.

Kemudian Kajian Islam kamiS Sore dengan “Kisah Sang Singa Padang Pasir, Umar Al Faruqi” ditutup pada pukul 17.40 WIB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

www.000webhost.com