Kajian Islam kamiS Sore : Kata Siapa Akhir Zaman?

Jakarta, (16/03/2017) Masjid Ulul Albaab mengadakan Kajian Islam kamiS Sore dengan judul: Kata Siapa Akhir Zaman? Kajian Islam kamiS Sore kali ini mengundang Ustadz Fahmi Faishal Bahreisy sebagai pembicara yang bertempat di Masjid Nurul Irfaan dengan jumlah 146 peserta yang menghadiri kajian sore itu.

Kajian itu dibuka dengan tilawah bersama surah Al Qiyamah yang dipimpin oleh Fauzi Ramadhan (Pendidikan Matematika 2016). Selanjutnya pemaparan materi dari Ustadz Fahmi yang dimulai dengan ayat :

كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَانٍ
“Semua yang ada di bumi akan binasa.”

Bahwasannya Allah menciptakan kehidupan di bumi ini tidaklah kekal. Satu-satunya yang memiliki sifat kekal hanyalah Allah subhanahu wa ta’ala

  • Diutusnya Nabi Muhammad menjadi Rasul merupakan tanda akhir zaman.
    Pada saat Nabi Muhammad diutus menjadi Rasul beliau bersabda bahwa akhir zaman telah dekat. Nabi Muhammad SAW bersabda, bahwasannya akan ada kekuasaan yang sistemnya adalah Nubuwwah (kenabian). Zaman Nubuwwah terjadi saat masa kepemimpinan Raulullah SAW, dan merupakan masa pemerintahan yang terbaik sampai saat ini.
    Masa kepemimpinan tersebut dimulai ketika Rasul tiba di Madinah.
  • Setelah wafatnya Nabi Muhammad, sistem pemerintahan akan diganti menjadi sistem ke khalifahan (Khilafah ala Minhaaj an-Nubuwwah). Pada fase tersebut pemerintahan dipimpin oleh seorang Khalifah, Khalifah pertama adalah Abu Bakr, selanjutnya adalah Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan yang ke empat adalah Ali bin Abi Thalib.
  • Selanjutnya adalah masa Kekhilafahan ‘ala Minhaaj an-Nubuwwah yaitu saat pemerintahan dipimpin oleh raja yang menggigit. Pada masa tersebut kepemimpinan diwariskan berdasarkah keturunan. dimulai dari Muawiyah bin Abi Sufyan, Yazid bin Mu’awiyah sampai pada masa Kekhalifahan Umar bin Abdul Aziz. Pada masa tersebut terjadi banyak fitnah. Salahsatunya adalah fitnah dimana dikatakan Al-Qur’an adalah makhluk. Masa Raja-Raja yang Menggigit ini terjadi dalam tiga masa, yaitu dimulai dari kepemimpinan kerajaan Bani Umayyah, Bani Abbasiyyah, dan yang terakhir adalah kepemimpinan Khalifah Ustmani.
  • Selanjutnya adalah fase Mulkan Jabbariyyan (Pemimpin Dzhalim) dimana kita tengah berada pada masa ini.
    Ciri-cirinya adalah para penguasa melakukan kerusakan, dan banyak terjadi peperangan untuk memperebutkan kekuasaan.
  • Selanjutnya adalah Fase Khilafah ‘ala minhajin Nubuwwah (fase kehilafahan akan datang lagi). Menurut riwayat pada masa ini ummat muslim akan dipimpin oleh Imam Mahdi. Kemudian nabi Isa akan turun kembali dan akan dibukanya pintu keberkahan.

“Seringkali kita mendengar bahwasannya iman kepada Allah dikaitkan dengan iman kepada hari akhir. Hal tersebut menunjukkan bahwasannya iman kepada hari akhir menjadi penentu keimanan seseorang. Orang yang percaya kepada hari akhir adalah orang yang bertaqwa.”

Tanda-Tanda Akhir Zaman :

  1. Di utusnya Muhammad SAW menjadi Rasul
  2. Budak melahirkan tuannya (Perzinahan merajalela dan kedurhakaan kepada kedua orangtua yang sudah tidak terkontrol). Rasul bersabda : “Tidak akan terjadi hari kiamat sampai perzinahan merajalela.
  3. Orang berlomba-lomba meninggikan bangunan.
  4. Pendusta merajalela, dimana para pengkhianat diberikan amanah.

    “Akan ada masa dimana pendusta merajalela. Orang yang berkata jujur dikatakan pembohong dan orang yang berbohong dipercaya.”

  5. Banyaknya pembunuhan (Fitnah dan peperangan dimana-mana).

    “Tidak akan terjadi kiamat sampai ummat muslim tertumpah darahnya di suatu daerah yang bernama Al-Ghutoh (Syam).”

    Negara yang termasuk wilayah Syam adalah Palestina, Yordania, Suriah Dan Lebanon. Pada masa itu ummat muslim akan berpusat di Syam.

  6. Kaum muslimin akan berkoalisi dengan Bangsa Barat (Romawi) untuk melawan Bangsa Timur (China atau Uni Soviet).
    1. Romawi berkhianat
    2. Munculnya Imam Mahdi
    3. Imam Mahdi di ba’iat di depan Ka’bah oleh ummat muslim seluruh dunia
    4. Dajjal muncul selama 40 hari. Hari pertama akan terasa seperti 1 tahun, hari kedua seperti 1 bulan, hari ke 3 seperti 1 minggu dan hari ke empat dan selanjutnya akan terasa seperti hari-hari biasanya.
      • Pada masa itu akan terjadi kekeringan, ternak-ternak tidak keluar susunya, tumbuhan tidak tumbuh dan air hujan tidak turun. Lalu akan ada fitnah Dajjal dimana Dajjal memberikan janji kenikmatan (memberikan kesuburan dan makanan).
      • Tidak ada daerah yang tidak dimasuki Dajjal kecuali Makkah, Madinah, dan Baitul Maqdis.
      • Fitnah Dajjal lebih menyasar wanita. Sanpai-sampai pada masa tersebut para ibu, istri, dan anak perempuan diikat di rumah oleh suami mereka agar tidak berjumpa dengan Dajjal.
    5. Munculnya Ya’juj dan Ma’juj
      • Disebutkan bahwasannya jumlah mereka sangatlah banyak dan mereka melakukan kersakan di muka bumi.
      • Dalam riwayat dikatakan bahwa ketika rombongan Ya’juj dan Ma’juj melewati sungai Tiberias, mereka akan meminum airnya sampai surut (saking banyaknya jumlah mereka).
      • Kemudian Allah mengirimkan ulat yang menggerogoti Ya’juj Ma’juj yang menjebabkan bau busuk dimana-mana.
      • Kemudian akan ada burung pemakan bangkai yang memakan bangkai mereka.
      • Setelah itu Allah akan menurunkan hujan sehingga bumi menjadi bersih kembali.
    6. Munculnya Dabbah (binatang melata) yang menyebarkan ketakutan kepada manusia dengan memberi kabar bahwasannya kiamat sudah dekat.
    7. Adanya Dukhon (kabut yang menyelimuti selama 40 hari)
    8. Matahari terbit dari arah barat dan ditutupnya pintu taubat. Pada saat itu malam akan terasa panjang karena matahari tidak kunjung menampakkan sinarnya, dan orang-orang yang menyadari hanyalah orang yang rajin melaksanakan qiyamul lail. Pada hari ke 3 matahari akan muncul dari arah barat. Satu hari akan terasa seperti saru tahun dan cuaca di bumi akan mengalami panas yang amat sangat.

Persiapan Untuk Menghadapi Akhir Zaman :

  1. Membaca Al Kahfi setiap Jum’at
  2. Menghafal 4 awal ayat surah Al;Kahfi agar terhindar dari fitnah Dajjal
  3. Melaksanakan Sholat wajib dan qiyamul lail. Sebab Sholat lah yang menjadikan kita tegar.
  4. Rajin membaca dzikir (Tasbih, Tahlil, Tahmid)

Selanjutnya adalah sesi pertanyaan dengan dua orang penanya.

Pertanyaan pertama, pada saat matahari terbit dari barat, saat itu juga pintu tabubat di tutup. Namun sebelum terjadinya fenoena itu ada banyak rangkaian-rangkaian yang terlebih dahulu terjadi. Apakah jika sebelumnya kita telah menjadi pengikut Dajjal maka setelah itu masih ada kesempatan untuk bertaubat? 

Mengenai urutan-urutan terjadinya kiamat terdapat khilaf di antara para ulama. Saya mengambil pendapat para jumhur yang mengatakan bahwasannya Fenomena matahari terbit dari barat merupakan tanda yang terakhir. Namun ada juga ulama yang tidak berpendapat demikian. Kita tidak bisa hanya berpatokan terhadap satu pendapat. Untuk pertanyaan di atas, apakah ketika sudah menjadi pengikut Dajjal kita masih busa bertaubat selama matahari belum terbit dari barat? Pada masa tersebut yang banyak berperan adalah keimanan kita sebelumnya. Setelah Nabi Isa turun banyak orang yang beriman, namun keimanan itu tidaklah bertahan lama, akan terjadi banyak kekufuran setelahnya. Itu berarti peluang untuk bertaubat sangat kecil.

Pertanyaan kedua, selama ini beredar broadcast yang mengatakan bahwa usia ummat Nabi Muhammad hanyalah 1500 tahun, apakah broadcast tersebut hoax?

 Untuk pertanyaan kedua, angka 1500 tahun hanyalah prediksi, sya tidak akan bilang itu hoax atau bukan karena broadcast tersebut mempunyai dalil. Yang terpenting adalah persiapan kita untuk menghadapi akhir zaman.

Ya’juj Ma’juj itu seperti apa? Apakah ada penjelasan lebih lanjut mengenai Ya’juj dan Ma’juj? 

Saya akan menjawab menurut keterangan yang ada berdasarkan Hadits dan ayat Al-Qur’an. Disebutkan bahwa Ya’juj dan Ma’juj adalah perusak, Tidak ada riwayat yang menyebutkan darimana keturunan mereka berasal, yang disebutkanhanyalah mereka merupakan bangsa perusak. Pada Zaman Dzulqarnain, mereka telah melakukan kerusakan sehingga mereka dikerangkeng di sebuah tembok. Pada zaman Rasulullah, telah terbuka 1 lubang kecil dari tembok tersebut. Allah memberikan mereka kehidupan yang panjang. Ketika kerangkengnya dibuka, mereka akan berjalan seperti air yang mengalir.

Selanjutnya kajian ditutup pada pukul 17:35

5 tanggapan untuk “Kajian Islam kamiS Sore : Kata Siapa Akhir Zaman?

  • 20 Maret 2017 pada 09:31
    Permalink

    bagus, cuma tolong dirapihkan lagi tata letak tulisan, kurang mobile friendly dan fotonya kalo bisa ditambah tulisan tulisan biar lebih enak diliat
    moga istiqomah temen-temen mua

    Balas
    • 23 Maret 2017 pada 11:22
      Permalink

      Terima kasih banyak atas masukannya. Postingan tersebut sudah diperbaiki 🙂
      Aamiin ..

      Balas
    • 16 April 2017 pada 13:15
      Permalink

      Oh, Hi castleEn. I do appreciate for your respond, but, unfortunately, the article was based on lecture that brought by an ustadz (lecturer). I as an admin, may hesitate to discuss this due the lack of my knowledge. i’m still learning too .. 🙂

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

www.000webhost.com